Visi, Misi & Tujuan

Pondok Pesantren Daarun Nandhah Thawalib Bangkinang (PPDN-TB) merupakan pondok Pesantren tertua di Propinsi Riau yang sudah banyak melahirkan Abiturent/ten (alumni) yang berprestasi dalam berbagai disiplin ilmu, yang berperan sebagai ulama, cendikiawan, birokrat yang berpengaruh baik diswasta maupun dipemerintahan. Pondok Pesantren Daarun Nandhah Thawalib Bangkinang (PPDN-TB) menyelenggarakan pendidikan pada dua tingkatan :
1. Tingkat Tsanawiyah
2.Tinikat Aliyah dengan 3 jurusan Agama, IPA dan IPS
dan Alhamdulillah pada Tahun Pelajaran 2018-2019 telah dibuka lembaga pendidikan baru :
1. Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wusta setingkat Madrasah Tsanawiyah
2. Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya, setingkat Madrasah Aliyah
ViSi :
Terwujudnya Lembaga Pendidikan sebagai pusat pembentukan sumberdaya manusia yang Beriman. Bertaqwa, Berakhlakul Karimah, Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta berwawasan Lingkungan
MiSi :
1. Melaksanakan Sistem Pendidikan Islam.
2. Menumbuh kembangkan semangat Keteladanan
3. Menumbuh kembangkan semangat menuntut lImu
dan penguasaan teknologi.
4. Mempersiapkan Peserta Didik untuk memasuki Pendidikan Lanjutan.
5. Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, bermuatan kurikulum berbasis lingkungan hidup untuk melahirkan insan yang cerdas, disiplin dan berkualitas. 6. Menciptakan lingkungan indah, damai, dan nyaman serta beriman (IDAMAN ) bagi seluruh warga Pondok Pesantren.
7. Menciptakan madrasah yang ramah lingkungatn, bersih dan sehat.
8. Mewujudkan rasa cinta terhadap lingkunga dimanapun berada bagi seluruh warga Pondok Pesantren.

VISI, MISI, DAN TUJUAN MTs PP. Daarun Nahdhah Bangkinang

  1. Visi

Kurikulum MTs PP. Daarun Nahdhah Bangkinang disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut; perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta perubahan perilaku dan moral manusia, era informasi, dan era perdagangan bebas.

Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh MTs PP. Daarun Nahdhah Bangkinang , sehingga Visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi sekolah merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa mendatang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional yang dirumuskan secara bersama sama oleh masyarakat sekolah dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.

Adapun Visi MTs PP. Daarun Nahdhah Bangkinang ialah :

‘’ Terwujudnya Lembaga Pendidikan sebagai Pusat Pembentukan Sumber Daya Manusia yang Beriman, Bertaqwa, Berakhlak, Cerdas,Terampil,Kompetitif dan Berwawasan Lingkungan.

Indikator Visi

Akademik dan Non Akademik

  1. Tercapainya pembentukan sikap religius beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
  2. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menghadapi arus globalisasi
  3. Tercapainya prestasi yang tinggi dalam bidang akademik dan non akademik
  4. Tercapainya prestasi yang tinggi dalam bidang agama,iptek dan imtaq
  5. Tercapainnya pembelajaran yang PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,menyenangkan dan Islami) yang berorientasi kepada siswa.
  6. Tercapainya kedisiplinan pendidik dan peserta didik dalam Proses Belajar dan Mengajar (PBM) dan Kehidupan sehari-hari.
  7. Terwujudnya lulusan yang berkualitas,kompetitif dan berakhlak mulia
  8. Terciptanya iklim budaya bersih,asri dan nyaman bagi pendidik,temaga pendidik dan peserta didik di sekolah maupun di luar sekolah.

          Kultur Madrasah:

  1. Memiliki karakteristik dalam kegiatan religius dan ketaqwaan terhadap Allah SWT
  2. Memiliki keteladanan yang tinggi dari pemimpinnya
  3. Memiliki lingkungan yang ramah,toleransi, kerja keras,disiplin dan kepedulian social
  4. Memiliki lingkungan yang idaman,asri,produktif dan inovatif
  5. Memiliki pola hidup sehat jasmani dan rohani
  6. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang baik
  7. Memiliki lingkungan belajar yang kondusif
  8. Memiliki system layanan administrasi pendidikan yang efektif dan efesien
  9. Memiliki kepercayaan dari masyarakat dan stokeholder
  10. Memiliki lingkungan ramah anak
  • Misi
    • Melaksanakan kegiatan keagamaan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari
    • Menumbuh kembangkan sikap keteladanan dalam setiap aktifitas di lingkungan madrasah
    • Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme,prestasi, dan produktifitas.
    • Melakasanakan kegiatan lembaga bahasa sehingaa peserta didik memiliki kemahiran berbahasa (bahasa Arab dan Inggris)
    • Melaksanakan kegiatan lembaga Tahfiz al Qur’an sehingga tertanam kecintaan peserta didik terhadap al Qur’an
    • Menumbuh kembangkan semangat menuntut ilmu dan penguasaan teknologi
    • Mempersiapkan peserta didik untuk memasuki pendidikan lanjutan
    • Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, bermuatan kurikulum berbasis lingkungan hidup untuk melahirkan insan cerdas,disiplin dan berkualitas
    • Menciptakan lingkungan indah,damai dan nyaman serta beriman (IDAMAN) bagi seluruh warga madrasah
    • Menciptakan madrasah yang ramah lingkungan bersih dan sehat
    • Mewujudkan rasa cinta terhadap lingkungan dimanapun berada bagi seluruh warga madrasah.

Indikator Misi:

Akademik:

  1. Meningkatkan ketaqwaaan serta terbentuknya jiwa dan prilaku islami
    1. Mengembangkan pembelajaran aktif,inovatif,kreatif,efektif,menyenangkan dan islam (PAIKEMI) bermuatan kurikulum berbasis lingkungan
    1. Meningkatkan ketrampilan di bidang bahasa dan tahfiz al qur’an
    1. Meningkatkan pemahaman dan hafalan hadist-hadist Rasulullah SAW
    1. Meningkatkan ketrampilan dalam bidang Iptek
    1. Mempersiapkan peserta didik untuk memasuki pendidikan lanjutan
    1. Meningkatkan ketaqwaan serta terbentuknya jiwa dan perilaku islami
    1. Meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik
    1. Menanamkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari
    1. Tersedianya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional
    1. Terlaksananya mangemen berbasis sekolah

Non Akademik:

  1. Meningkatkan prestasi dalam bidang pengetahuan umum,agama,seni budaya dan olahraga
  2. Mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler untuk menggali potensi,bakat dan minat siswa di bidang  iptek,imtaq,seni budaya dan olahraga
  3. Meningkatkan kesadaran siswa terhadap kelestarian lingkungan hidup
  4. Meningkatkan kegiatan literasi di sekolah

Kultur Sekolah:

  1. Memiliki  kegiatan praktek ibadah di Madrasah dan masyarakat seperti sholat,puasa dan ibadah
    1. Memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris
    1. Memiliki kemampuan mencetak siswa yang mampu menghafal 30 Juz al Qur’an
    1. Memiliki lingkungan yang indah,damai,nyaman serta beriman (Idaman) bagi seluruh warga Madrasah
    1. Memiliki kegiatan madrasah yang ramah lingkungan,bersih,sehat dan nyaman bernuansa islami
    1. Memiliki rasa cinta terhadap lingkungan dimanapun berada bagi seluruh warga madrasah
    1. Mengembangkan kepribadian yang sesuai dengan budaya dan karakter bangsa.
  2. Tujuan
  1. Terciptanya suasana yang agamis dan lingkungan madrasah
  2. Siswa mampu membaca dan memahami teks-teks arab gundul
  3. Siswa mampu berbahas arab dan inggris
  4. Siswa mampu menghafal 30 juz al quran
  5. Siswa mampu menghafal hadist-hadist Rasulullah SAW.
  6. Siswa memiliki kemampuan untuk melanjutka pendidikan ke luar negeri khusus timur tengah
  7. Unggul dalam kegiatan keagamaan
  8. Berjaya dalam kegiatan MTQ dan MQK
  9. Berjaya dalam penerapan pengetahuan,teknologi dan sains
  10. Berjaya dalam pengembangan diri
  11. Berjaya dalam prestasi olahraga dan kesenian
  12. Berjaya dalam memberikan pelayanan dan informasi pada siswa,orang tua dan masyarakat
  13. Terlaksananya pembelajaran aktif,inovatif,kreatif dan menyenangkan bernuansa islami
  14. Terciptanya budaya literasi di lingkungan madrasah
  15. Terlaksananya pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan bidangya.