Posted on / Beritadaarun nahdhah

MTs PP Daarun Nahdhah Laksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahun 2025

Bangkinang, Oktober 2025 — Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Bangkinang melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) sebagai bagian dari evaluasi dan peningkatan mutu pengelolaan pendidikan di lingkungan madrasah.

Kegiatan PKKM ini dilaksanakan untuk menilai capaian kinerja Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas manajerial, supervisi akademik, kewirausahaan, serta pengembangan madrasah selama satu periode penilaian. Tim penilai terdiri dari pengawas madrasah dan unsur Kementerian Agama Kabupaten Kampar.

Dalam pelaksanaan penilaian, tim melakukan verifikasi terhadap berbagai dokumen pendukung yang mencakup empat aspek utama, yaitu:

  1. Usaha pengembangan madrasah,
  2. Pelaksanaan tugas manajerial,
  3. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, serta
  4. Pengembangan kewirausahaan dan prestasi madrasah.

Kepala MTs PP Daarun Nahdhah, Taufik, S.Ag, M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi momentum penting untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan.

“PKKM bukan sekadar penilaian administratif, tetapi juga sarana untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan pelayanan pendidikan di madrasah. Kami berkomitmen terus berbenah agar MTs PP Daarun Nahdhah menjadi madrasah unggul, berprestasi, dan berkarakter,” ujar beliau.

Sementara itu, A. Muiz Zein dan Azli, S.Pd.I, M.Sy selaku tim penilai menyampaikan apresiasi atas kesiapan dan kinerja MTs PP Daarun Nahdhah dalam menyiapkan dokumen serta pelaksanaan kegiatan PKKM. Ia menegaskan bahwa hasil dari penilaian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

Kegiatan PKKM berlangsung dengan tertib dan lancar di ruang rapat madrasah, disertai semangat kebersamaan seluruh guru dan tenaga kependidikan dalam mendukung keberhasilan Kepala Madrasah.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, MTs PP Daarun Nahdhah terus menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan tata kelola madrasah yang profesional, transparan, dan berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *